Rabu, 31 Agustus 2016

Rekayasa Foto di Everest, Sepasang Kekasih Dilarang Naik Gunung 10 Tahun


MANIS77  - Sertifikat pendaki gunung sepasang kekasih di India telah dibatalkan karena aksi mereka membohongi publik. Pada 23 Mei lalu, Dinesh dan Tarakeshwari Rathod mengunggah foto mendaki mereka. Mereka mengaku, berhasil mendaki sejauh 8,8 kilometer ke Puncak Gunung Everest.

Namun setelah diusut, ternyata foto tersebut palsu. Mereka dicekal karena mengambil foto orang lain lalu mengeditnya dengan photoshop. emalsuan foto tersebut terungkap setelah Satyarup Sidhanta dari Bangalore di Karnataka mengungkap dialah pemilik asli foto tersebut. Sosok pendaki berjaket kuning hitam yang berdiri di baris paling depan seharusnya adalah dirinya yang sedang mengacungkan kedua jempol.

Pendaki lain bernama Anjali Kulkarni juga memprotes foto tersebut karena menemukan sejumlah kejanggalan. Salah satu yang paling kentara adalah warna langit yang jadi latar belakang foto tersebut. Gradasi warna pada foto milik Dinesh dan Tarakeshwari menunjukkan sedikit perbedaan, apalagi jika dibandingkan dengan foto aslinya. "Pasangan Himalaya itu mengganti warna pakaiannya.

Bahkan sepatu bot mereka juga mendadak berubah sesampainya di puncak (Gunung Everest). Di foto yang berbeda mereka juga sepertinya mengganti sepatu lagi. Mengganti pakaian di tengah cuaca yang sebegitu dingin rasanya keajaiban sekali jika mereka tidak mati kedinginan," kata Anjali.  Bukti lain yang semakin menguatkan bahwa klaim sejoli itu sebagai orang India pertama yang mencapai puncak Himalaya sekadar bualan datang dari Surendra Shelke.

Pria yang berpengalaman mendaki gunung selama 20 tahun itu meyakinkan, 23 Mei bukan waktu yang tepat untuk mendaki gunung tertinggi di dunia itu. Akibat semua kebohongan tersebut, Pejabat Departemen Pendakian Gunung (Mountaineering Department official) di Nepal, Gyanendra Shrestha menahan sertifikat mereka. Selain itu, keduanya juga mendapat larangan naik gunung selama 10 tahun ke depan.(ABC)

Pemprov DKI Disarankan Bangun Rusunawa di Jak-Sel
Mirip Ahok, Andrew Dipukuli di Bus TransJakarta
Tyas Mirasih Jualan Nasi Goreng Bareng Pacar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar